Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold

Pesaing Berat Samsung Galaxy Fold, Berikut ini Harga dan Spesifikasi Huawei Mate X

Huawei

Huawei Mate X

Bebebrapa waktu lalu telah diperkenalkan sebuah ponsel lipat yaitu Samsung Galaxy Fold bertempat di San Francisco, Amerika Serikat (AS). setelah berselang beberapa waktu akhirnya giliran dari Huawei membuat Mobile World Congress (MWC) 2019 yang di selenggarakan di Barcelona, Spanyol sebagai tempat membuatnya secara resmi juga meluncurkan ponsel lipatnya yang dinamakan Huawei Mate X.

Foldable Huawei Mate X in action
Foldable Huawei Mate X in action

Spesifikasi Huawei Mate X hadir dengan memiliki layar seluas 6,6 inci jika sedang dibuka, tampilan layarnya pun bagaikan tablet berukuran 8 inci dengan balutan layar OLED. Perangkat ini pun baru bisa diperoleh penggemarnya pada pertegahan tahun 2019 lalu. Terlihat jika Huawei tidak main-main dengan smartphone lipat andalannya.

Jika kita lihat dari harga Huawei Mate X di bandrol 2.299 euro atau jika di rupiahkan sekitar Rp 36,65 juta (1 euro = Rp 15.941,1) awal peluncuran saat itu. Bicara spesifikasi untuk Smartphone lipat yang punya harga fantastis tersebut itu, Huawei Mate X telah mengoperasikan RAM sebesar 8GB di padukan dengan ruang penyimpanan internal sebesar 512GB.

Konsep dari desain lipatan ini di katakan sebagai bentuk ‘Falcon Wing Hinge’ sedikit tersembunyi. Meki pun juga bukan dead center yang seperti buku. Sebagai pembeda, salah satu sisi gawai ini punya pegangan lengkung yang bersambung ke bagian layar. Ini menjadikan layar menjadikan rata lagi saat dilipat kembali dengan sendirinya.

Ini juga akan memberi Anda suatu pegangan untuk memegang saat perangkat tersebut di satu tangan saat sedang dalam berbentuk mode tablet. Desain ini hampir sama dengan produk e-reader Kindle Oasis dari perusahaan Amazon.

Spesifikasi

Layar terlipat ke bagian belakang, secara teknis bahwa vendor Huawei ini telah membuat ponsel tiga layar dalam satu tablet, meskipun pada dasarnya layar yang murni bisa dipakai yaitu sebesar 6,38 inci yang menghadap ke bagian belakang masih harus dilihat.

Pada acara saat pembukaan Huawei yang bertempat di Mobile World Congress (MWC ) di Barcelona tersebut, vendor asal China tersebut menunjukkan dengan mode ‘potret cermin’, di mana keberadaan layar bagian belakang akan menampilkan apa yang di potret dari kamera. Artinya adalah bahwa saat Anda mengambil foto orang, maka mereka dapat melihat juga apa yang dilihat di lensa.

Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold
Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold

Seperti smartphone lain, Huawei Mate X tersebut juga punya sistem kamera yang telah dikembangkan oleh Leica. Perusahaan ini pun mengatakan, pengembangan settingan pada kamera baru dengan mitranya yaitu Jerman pada smartphone ini.

Smartphone Huawei Mate X tersebut sudah sepenuhnya kompatibel dengan jaringan yang berteknologi 5G. Karena dari bisnis telekomunikasi Huawei yang cukup luas, perusahaan ini pun mengatakan bisa mengembangkan serta dapat menguji kemampuan jaringan 5G di depan para kompetitornya.

Mate X telah mempunyai antena dengan quad 5G yang sudah terpasang pada sasis yang menghasilkan kecepatan secara teoritis yang diklaim sebesar 4.6GBps.

Namun semua Itu jelas tergantung terletak pada setiap operator jaringan yang digunakan, namun demikian Huawei mengatakan bahwa untuk kecepatan teknologi jaringan 5G adalah 10X lipat lebih cepat jika di bandingkan kecepatan jaringan 4G pada saat ini. Sebagai contoh, Huawei menganggap jika kita dapat mengunduh film sebesar 1GB dengan singkat hanya dalam waktu sekitar tiga detik saja.

Setelah itu kita pun bisa kemudian untuk membuka lipatan pada layar dan bisa disejajarkan untuk menonton di layar tablet tersebut, sebelum kita melipatnya kembali serta menyelipkan lagi ke dalam saku atau pun tas tangan.

Huawei telah membekali Mate X baterai ganda sebesar 4.500mAh. Jika dibanding dengan merk Samsung Galaxy Fold yang punya kapasitas baterai sebesar 4.380 mAh untuk membuat daya pada Smartphone untuk jangka waktu yang lebih lama.

Huawei juga telah mengenalkan pengisian daya cepat sebesar 55W baru, untuk bisa digunakan bersama yang diklaim mampu memberikan daya pada smartphone sampai kapasitas 85 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.